Sabtu, 23 Mei 2009

pemain piala sudirman


Serba Serbi tentang Kejuaraan Dunia Piala Sudirman
cri

Kejuaraan Dunia Beregu Campuran Piala Sudirman Ke-9 berlangsung di Capital Gynnasium, Beijing antara tanggal 10 dan 15 Mei tahun 2005. Kejuaraan Piala Sudirman, Kejuaraan Beregu Putra Piala Thomas, dan Kejuaraan Beregu Putri Piala Uber merupakan tiga turnamen bulutangkis beregu yang bertaraf paling tinggi yang disponsori oleh Federasi Bulutangkis Internasional. Namun berbeda dengan Piala Thomas dan Piala Uber, Kejuaraan Piala Sudirman merupakan turnamen yang menguji taraf keseluruhan olahraga perbulutangkisan di suatu negara atau daeerah, sekaligus dasar untuk menentukan peringkat setiap negara dan daerah di dunia.

Kejuaraan Piala Sudirman diikuti berbagai negara dan daerah dengan terbagi menjadi beberapa kelas yang berbeda dengan kelas A sebagai pertandingan top kelasnya. Kecuali pertandingan di kelas A, pertandingan untuk kelas-kelas lainnya semuanya masing-masing diikuti oleh 6 tim. Sebelumnya, pertandingan untuk kelas A juga diikuti oleh 6 tim, tapi mulai dari kejuaraan kali ini, pertandingan kelas A diikuti oleh 8 tim, tapi yang tidak berubah ialah hanya tim dari kelas A yang bisa merebut gelar juara. Tim-tim di kelas B dan kelas yang lebih rendah lainnya melakukan pertandingan di kelasnya masing-masing, dengan tim juara dari setiap kelas berkualifikasi bertandinging di kelas di atasnya dalam turnamen selanjutnya, sedangkan tim yang harus puas dengan nomor 6 di kelas masing-masing, akan diturunkan ke kelas yang lebih rendah untuk bertanding di kejuaraan yang baru. Piala Sudirman mengadakan pertandingan tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran, dengan tim yang menang tiga dari lima partai akan dinyatakan menang.

Piala Sudirman adalah piala yang disumbangkan PBSI kepada IBF atas nama rakyat Indonesia, dengan maksud memperingati pendirian PBSI, mantan IBF, Sudirman.

Kejuaraan Piala Sudirman mulai diadakan sejak tahun 1989 dan berlangsung dua tahun sekali. Kejuaraan Piala Sudirman pertama diadakan di Jakarta. Tujuh kejuaraan Piala Sudirman pertama berturut-turut diadakan di tempat yang sama dengan kejuaraan dunia bulutangkis (yakini kejuaraan Piala Sudirman berlangsung dulu, disusul kejuaraan dunia bulutangkis). Mulai dari Piala Sudirman Ke-8 tahun 2003, Piala Sudirman diadakan di tempat yang berbeda dengan kejuaraan dunia bulutangkis, biarpun masih pada tahun yang sama.

Dalam Kejuaraan Piala Sudirman Pertama, tim Indonesia ke luar sebagai juara dan tim Tiongkok menempati urutan ketiga. Dalam tiga kali kejuaraan Piala Sudirman pertama, tim Tiongkok harus puas dengan nomor tiga. Dalam kejuaraan Piala Sudirman Ke-4 pada tahun 1995, tim Tiongkok yang menurunkan pemuda muda di luar dugaan merebut Piala Sudirman. Dalam tiga kejuaraan Piala Sudirman selanjutnya, tim Tiongkok berturut-turut tampil sebagai juara, yaitu merebut gelar juara pesta olahraga itu untuk 4 kali berturut-turut. Akan tetapi pada Kejuaraan Piala Sudirman yang diadakan di Eindhoven, Belanda dua tahun yang lalu, tim Tiongkok dikalhkan tim Korea Selatan pada final dengan skor 1:3. Sebagai tuan rumah Kejuaraan Piala Sudirman kali ini, tim Tiongkok berambisi merebut gelar juara untuk ke-5 kali. Korea Selatan yang pernah untuk tiga kali menjuarai Piala Sudirman tetap merupakan lawan paling berat bagi Tiongkok.

Dewasa ini, hanya Indonesia, Korea Selatan dan Tiongkok yang pernah merebut Piala Sudirman, dengan Denmark sebagai satu-satunya negara yang pernah memasuki final tapi belum sempat merebut gelar juara.


0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates